Apakah Diterima Persaksian Seorang Anak Kecil?

☆🏠☆🏠☆🏠☆

📢🎈❓APAKAH DITERIMA PERSAKSIAN SEORANG ANAK KECIL?

⛳🏁⛳🏁⛳

🎁 ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ :

ﺇﺫﺍ ﻭﺟﺪ ﺃﻃﻔﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻳﻌﺒﺜﻮﻥ ﻛﺜﻴﺮﺍً ﻭﻳﺸﻐﻠﻮﻥ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ، ﻫﻞ ﻳﺠﻮﺯ
ﻟﻲ ﺃﻥ ﺃﻗﻮﻝ ﻷﺣﺪ ﺍﻟﺼﻐﺎﺭ ﺃﻥ ﻳﻠﺘﻔﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ، ﻭﻳﺨﺒﺮﻧﺎ ﻣﻦ ﻫﻢ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﻠﻌﺒﻮﻥ ﺣﺘﻰ ﻧﺨﺒﺮ ﺃﻭﻟﻴﺎﺀ ﺃﻣﻮﺭﻫﻢ؟

🎁 ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ :

ﻫﻞ ﺗﻘﺒﻞ ﺷﻬﺎﺩﺗﻪ ﻭﻫﻮ ﺻﻐﻴﺮ؟ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺣﺎﻝ ﻳﺠﺐ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻫﻞ ﻳﻤﻜﻦ ﺃﻥ ﺗﻘﺒﻞ ﺷﻬﺎﺩﺓ ﺍﻟﺼﺒﻴﺎﻥ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺑﻌﺾ؛

ﻷﻥ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻳﻘﻮﻝ : ﻻ ﺗﻘﺒﻞ ﺷﻬﺎﺩﺓ ﺍﻟﺼﺒﻴﺎﻥ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺑﻌﺾ،

ﻭﺑﻌﻀﻬﻢ ﻗﺎﻝ : ﺗﻘﺒﻞ ﻣﺎ ﺩﺍﻣﻮﺍ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻜﺎﻥ،

ﻣﺜﺎﻝ ﺫﻟﻚ: ﺇﺫﺍ ﺟﺮﺡ ﺃﺣﺪ ﻫﺆﻻﺀ ﺍﻟﺼﺒﻴﺎﻥ، ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﻤﺠﺮﻭﺡ ﻷﺑﻴﻪ: ﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﺟﺮﺣﻨﻲ، ﻓﺄﻧﻜﺮ ﺍﻟﻮﻟﺪ، ﻭﻗﺎﻝ: ﻣﺎ ﺟﺮﺣﺘﻪ، ﻓﺸﻬﺪ ﺷﺎﻫﺪﺍﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺒﻴﺎﻥ ﺃﻧﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﺟﺮﺣﻪ،

ﻳﻘﻮﻝ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ : ﻻ ﺗﻘﺒﻞ ﺷﻬﺎﺩﺓ ﺍﻟﺼﺒﻲ .

ﻭﺑﻌﻀﻬﻢ ﻗﺎﻝ: ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺘﻔﺮﻗﻮﺍ ﻗﺒﻠﺖ، ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻗﺪ ﺗﻔﺮﻗﻮﺍ ﻓﻼ ﺗﻘﺒﻞ؛ ﻷﻧﻬﻢ ﺭﺑﻤﺎ ﻳﻠﻘﻨﻮﻥ .

ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺣﺎﻝ .. ﻧﺮﻯ ﺃﻧﻚ ﺗﺘﻜﻠﻢ -ﺇﺫﺍ ﻛﻨﺖ ﺃﻧﺖ ﺍﻹﻣﺎﻡ- ﻛﻼﻣﺎً ﻋﺎﻣﺎً، ﻭﺗﻘﻮﻝ ﻷﻫﻞ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ: ﺟﺰﺍﻛﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﺍً، ﺻﺒﻴﺎﻧﻜﻢ ﺇﺫﺍ ﺁﺫﻭﺍ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ ﻭﺍﻣﺘﻬﻨﻮﺍ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻓﺎﻹﺛﻢ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺃﻧﺘﻢ، ﻓﻜﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﻳﺤﻔﻆ ﺍﺑﻨﻪ ﻭﻳﺆﺩﺑﻪ،

ﻭﻳﻤﻜﻦ ﺃﻥ ﺗﻮﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪﺍً ﻣﻦ ﻫﺆﻻﺀ ﺍﻟﺼﺒﻴﺎﻥ ﻣﻤﻦ ﺗﺜﻖ ﺑﻪ ﻳﺤﺮﺳﻬﻢ، ﻭﻟﻮ ﻟﻢ ﻳﺼﻞ؛ ﻷﻧﻪ ﻻ ﺗﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ، ﻭﻻ ﺗﻘﻞ ﻟﻪ : ﺍﻟﺘﻔﺖ؛ ﻟﺌﻼ ﻳﻈﻦ ﺃﻥ ﺍﻻﻟﺘﻔﺎﺕ ﻟﻴﺲ ﻓﻴﻪ ﺑﺄﺱ

📒 ﻟﻘﺎﺀ ﺍﻟﺒﺎﺏ ﺍﻟﻤﻔﺘﻮﺡ ‏[ 40‏] ﻟﻠﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺻﺎﻟﺢ ﺍﻟﻌﺜﻴﻤﻴﻦ رحمه الله

⛳🏁⛳🏁⛳

🔵 Pertanyaan:

🎯 Jika didapati anak-anak di masjid banyak bermain-main dan mereka membuat orang-orang yang sholat tidak konsentrasi dalam sholat mereka, apakah boleh aku untuk berkata kepada salah seorang anak kecil untuk menoleh ketika sholat dan memberi tahu kepada kami siapa yang bermain-main dalam sholat, sehingga kami bisa memberi tahu wali anak-anak itu?

🔵 Jawaban:

:idea:❓Apakah diterima persaksian seorang anak kecil? Bagaimanapun keadaannya wajib untuk meneliti ulang apakah mungkin untuk menerima persaksian sebagian anak-anak dalam hal anak-anak yang lain,

🔺karena sebagian ulama berpendapat:
❎“Tidak diterima persaksian sebagian anak-anak dalam hal anak-anak yang lain.”

🔺Sedang sebagian ulama yang lain berpendapat: ✅“Diterima persaksian mereka selama mereka berada di tempat itu.”

:idea:Contoh hal itu:
Salah seorang dari anak-anak itu dilukai, kemudian dia berkata kepada ayahnya: “Ini dia yang melukaiku.” Kemudian anak (yang dituduh) itu mengingkari dan berkata: “Aku tidak melukainya.” Namun kemudian ada dua anak lain menyaksikan bahwa memang dia yang melukai anaknya.

🔺Sebagian ulama berpendapat:
🚫“Tidak diterima persaksian anak-anak.”

🔺Sebagian yang lain berpendapat:
✅“Jika mereka belum berpisah maka diterima, namun jika mereka telah berpisah maka tidak diterima.” Karena kadang mereka didikte saja.

📢 Bagaimanapun keadaannya, kami berpendapat agar engkau berbicara – jika engkau seorang imam- dengan ucapan yang umum. Engkau mengatakan kepada jamaah masjid:

📣☑“Jazakumullah khoiron. Anak–anak jika mengganggu orang-orang yang sholat dan mereka meremehkan masjid, maka dosanya atas kalian. Maka hendaknya setiap orang menjaga anaknya dan melatihnya dengan adab.”

👉 Dan mungkin menunjuk salah seorang dari anak-anak itu yang bisa dipercaya untuk menjaga anak-anak itu, meskipun dia tidak sholat, karena anak itu tidak wajib untuk sholat. Dan jangan engkau mengatakan kepada anak itu: “Tolehlah!” Agar tidak ada yang menyangka bahwa menoleh (dalam sholat) itu tidak apa-apa.

📚 Liqo’ Al-Bab Al-Maftuh: 40 lisy Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah

˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚˚
✍ Syabab Ashhabus Sunnah

📜➧Untuk fawaaid lainnya bisa kunjungi website kami:
🌏 http://www.ittibaus-sunnah.net

◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉
📌 أصحاب السنة
⭐ 🌿 ⭐ 🌿 ⭐

✪ASHHABUS SUNNAH✪

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s